Menentukan letak korsleting listrik pada instalasi rumah

Menentukan letak korsleting listrik pada instalasi rumah: Setelah lama gak update blog pengen juga posting kembali mudah mudahan gak kaku… Soalnya udah beberapa bulan terakhir disibukan oleh urusan di luar terakhir mau update blogpun rada malas. Mudah mudahan pada kesempatan ini dapat kembali berbagi untuk para pembaca setia blog akhdanazizan ini.

Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk pembaca yang membutuhkan. Tujan saya menulis dengan judul tersebut agar para pembaca dapat mencari sendiri masalah yang terjadi. Apakah masalah yang terjadi  di rumah sendiri maupun di rumah tetangga sehingga dapat di perbaiki dengan mudah.

Yang namanya korsleting listrik atau hubung singkat selalu datangnya tiba tiba yang pasti membuat jengkel malahan ada yang panik apalagi kalau terjadianya malam hari.  Hal tersebut pernah saya alami pada suatu ketika ada teman yang minta tolong dirumahnya terjadi korsleting listrik.

Mau tidak mau harus di datangi juga, setelah di lakukan peroses pengecekan ternyata masalah yang terjadi adalah korsleting pada kabel listrik yang sudah terkupas akibat gesekan pohon (instalasi lampu taman).

Bagaimana jika yang terjadi adalah di rumah sobat ? sama aja… bisa dilakukan dengan prosedur yang sangat gampang dilakukan yang akan saya bagikan bagaimana menentukan letak konsleting listrik pada instalasi rumah.

Instalasi listrik rumah tinggal pada umumnya terdiri dari ; Kwh Meter, MCB, Stop Kontak, Sakelar dan Beban Listrik misalnya lampu dan peralatan rumah tangga lainya. Kalau di gambarkan seperi berikut ini:.menentukan letak korsleting listrik

Cara menentukan letak korsleting listrik

Ilustrasi begini, seandainya terjadi gangguan korsleting instalasi listrik di rumah maka otomatis MCB yang ada pada KWH atau pada Instalasi akan trip dengan sendirinya.

Jika terjadinya malam hari maka untuk menentukan letak korsleting listrik silakan di matikan seluruh sakelar atau pun beban beban yang terhubung dengan stop kontak, sementara MCB masih dalam keadaan trip.

Setelah semua beban terputus terhadap sumber listrik, silakan nyalakan MCB baik yang ada di Kwh meter maupun di instalasi rumah. Lalu nyalakan sakelar satu per satu dan lihat apa yang terjadi.

Jika setelah sakelar di ON kan belum ketahuan gangguannya, silakan dilanjutkan dengan menghubungkan kembali beban satu per satu pada stop kontak, sampai diketahui dimana sumber masalah korsleting listrik.

Jika telah diketaui maka pasti MCB yang tadinya ON akan menjadi trip yang menandakan bahwa sumber gangguan telah diketahui. Lakukanlah langkah perbaikan jika memungkinkan, setidaknya lepaskan beban yang mengalami gangguan korsleting tersebut Jika belum memungkinkan untuk diperbaiki dengan cepat.

Dengan mengetahui cara menentukan letak korsleting listrik maka setidaknya tidak membuat kita kegelapan karena listrik padam. Demikian tulisan yang sangat singkat ini mudah mudahan bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *