Membalik putaran motor listrik 1 fasa, Apakah bisa ?

Membalik Putaran Motor Listrik 1 Fasa

Jika timbul pertanyaan seperti judul tulisan ini, “ Bagaimana Membalik putaran motor listrik 1 fasa ”, mungkin cocok untuk di baca bagi sobat yang butuh informasi mengenai hal tersebut, lalu bagi yang tau atau pernah mengalami hal yang demikian maka akan menjawab “bisa”, sama halnya jika sobat bertanya kepada saya maka saya pun akan menjawab seperti itu.

Ini pernah saya alami ketika motor listrik kompresor kami terbakar dan waktu itu di ganti sama2 motor listrik 1 fasa yang baru (sambil menggulung ulang motor tersebut yang terbakar ), setelah di operasikan motor listrik 1 fasa tersebut bekerja dengan normal, ya namanya aja baru, tapi kanyaknya lama sekali angin dalam tabung kompresor  penuh dilihat dari penujukan jarum pressure swicth nya, ya.. rupanya arah motor listrik penggerakknya terbalik. Nah dari masalah itu saya bongkar motornya dan saya otak atik deh biar bisa membalik putaran motor listriknya, terakhir bisa dan kompresornya pun cepat terisi angin.

Dari cerita diatas saya pengen ni untuk berbagi buat sobat pembaca mudah2an aja bisa bermanfaat. Untuk Membalik Putaran Motor Listrik 1 Fasa sebenarnya bisa kita lakukan meskipun bekerja sedikitlah untuk mengotak atiknya, beda dengan motor listrik 3 fasa yang dapat dilakukan hanya dengan menukar fasa dan salah satu fasa tetap. Teorinya si gampang tapi kalo mau dipraktekin sedikit bingung beda kalo emang dibidangnya, pada motor listrik 1 fasa dikenal dengan 2 (dua) jenis kumparan yaitu kumparan Utama dan kumparan Bantu.

Untuk membedakan antara kumparan utama dan bantu sangat mudah di tentukan, pada kumparan utama biasanya diameter kawat imail lebih besar dibanding kumparan bantu namun jika sudah di packing agak sulit untuk melihatnya disebabkan pada ujung kumparan utama dan bantu di tambah/sambung dengan kabel serabut yang berselubung isolasi, sebagai terminal input tegangan sumber.

Tapi jangan putus asa dulu deh kalau punya masalah tersebut, yang penting ikuti aja apa yang akan saya sampaikan ini. Teori Membalik Putaran Motor Listrik 1 Fasa sama halnya dengan motor listrik 3 fasa yaitu dengan dengan cara membalik arah fluksi magnet pada kumparan statornya, secara praktek untuk membalik motor listrik 1 fasa yaitu membalik arah kumparan utama terhadap kumparan bantu atau sebaliknya, untuk jelasnya dapat di lihat pada gambar berikut ini :

Membalik Putaran Motor Listrik 1 Fasa

Gambar diatas adalah gambaran bagimana cara Membalik Putaran Motor Listrik 1 Fasa, cara dari kedua gambar tersebut adalah sama walaupun jenis motor listrik nya beda, untuk yang pertama di atas adalah motor splitphasa dengan sakelar sentrifugal, sedangkan motor yang ke dua adalah motor kapasitor.

Jika sobat ingin lebih yakin silakan bongkar terminal motor listrik 1 fasa tersebut cek menggunakan multimeter arahkan pada Ohm meter dan ikuti gambar tersebut diatas. Jika ingin di buat terminal baru untuk keperluan pengontrolan dengan kontaktor silakan, jadi tidak perlu harus membeli motor listrik 3 fasa sedangkan suplay listrik 3 fasa tidak tersedia. Saya rasa cukup pembahasan tentang Membalik Putaran Motor Listrik 1 Fasa. Jika ada pertanyaan silakan berkomentar.

Silakan baca juga : Gambar Dan Data Lilitan Pompa Air 125 / 200 Watt

23 Comments

Add a Comment
  1. Puntas rian cahyo

    Artikelnya bagus pak, sangat membantu, apa bisa di kirim wiring diagram untuk membuat bolak-balik putaran motor universal pak? Tks

  2. Maaf,saya mau bertanya sebagai orang awam soal kelistrikan.
    Bisa gak dinamo pompa air di pasang ke kompresor angin sebagai penggerak?
    Kalau bisa,apakah harus ada yang di modif pada dinamonya atau tidak?
    Pompa air saya Grundfos Jet Pump,dan Kompresor saya 1,5hp.

    Trims

    1. kalau putaran motor pompa airnya 1500 rpm mungkin tahan lama di bandingkan jika putaran yang 3000 rpm, jadi silakan bereksperimen

  3. Terimakasih untuk artikel nya, sangat membantu. Semoga sukses ya pak.

    1. Silakan aja di baca pada akhir artikel ini nanti ada aturan untuk downloadnya

    1. jika ada yang ingin di tanya silakan aja, namun maaf jika pertanyaan tidak bisa terjawab oleh terbatasnya ilmu yang saya miliki...

  4. Trimakasih bermanfaat, udah saya coba, tapi saat saya coba, saya gak nemuin mana ujung kumparan utamanya, jadi saya coba balik kumparan bantunya aja, dan ternyata bisa. Tapi efeknya saya rasain waktu motornya saya pake lama, efeknya motornya terlalu panas, nah saya mau tanya, itu kenapa bisa panas ya? Dan gimana solusinya? Trimakasih...

    1. Emang harus hati hati jika ingin membalik kumparan, kalau bisa di cek pakai Multimeter (OHM meter) untuk menentukan mana kumparan bantu atau utama,

  5. untuk saat ini blum ada pertanyaan,cuma saya mau minta izin untuk mempelajari ilmu kelistrikan dari bapak

    1. Silakan di baca baca semoga bermanfaat 🙂

  6. Assalamu'alaikum Ayah Akhdan,
    Mohon maaf Pak, bukan bermaksud menambah pekerjaan bapak. Masih penasaran dan menanti2. Bagaimana ya itu solusi mantan kipas outdoor ac mau dijadiin exaust fan bisa 2 arah bolak-balik bergantian menggunakan saklar.

    Jika tidak merepotkan mohontshadaqah solusinya dikirim ke [email protected]

    Terima kasih Ayah Akhdan, Jazakallah khairan katsir

    1. Waalaikum salam wr wb, 🙂 mohon maaf banget ni pak saya benar benar lupa, insyaallah besok saya praktekin dulu disekolah kebetulan ada AC disekolah khusus untuk eksperimen, hasilnya nanti insyaallah akan saya sampaikan

  7. Sangat bermanfaat sekali info disini, khususnya buat saya yg demen bongkar gak bisa pasang barang2 elektronik., walau kadang ada tulisan yg ngegantung solusinya (maaf Pak gak bermaksud apa2 cuma jadi bikin penasaran :-D)

    Iseng2 mau cari info tentang cara membuat exhaust fan 1 arah biar bisa dibikin 2 arah, jadi seharian ngejogrog disini.

    Pak Abu bisa bantu sayakah, gimana solusi yg baik membuat exhaust fan 1 arah jadi 2 arah yg bisa diatur arah putarannya menggunakan saklar atau kontak apalah gitu.
    Kondisi saat ini putaran exhaust fan dah saya balik dimana berfungsi menghisap dari luar ke dalam yg awalnya dari dalam ke luar.

    Rencananya korban praktek ilegal saya adalah fan bekas pendingin outdoor ac.
    Dibantu-dibantu yg Pak Abu...prok...prok...jadi apa...

    Terima kasih bin tararengkyu Pak Abu
    Biar tambah berkah dari ilmu yg bermanfaat...

    😀 😀 😀

    1. 🙂 saya pikir dulu ya...

    1. terima kasih sudah mampir sebagai hadiahnya silakan cek mailnya semoga bermanfaat

  8. Keren gan mau coba niy,,,
    Btw bagaimana mencari tau kabel yang terhubung dengan kumparan utama dan bantu?
    warna kabel kan ga sama pada setiap type motor yg beda? 🙂
    trus kalau mau liat kumparan dengan kawat yg tebal atau kecil harus bongkar motornya (bagaimana kalau jenis motornya ga bisa d bongkar)
    Pertanyaan saya:
    Bisa tidak kita membedakan mana kumparan utama dan bantu dengan multi tester?
    mohon pencerahannya, maklum orang awam niy
    txs

  9. Luar biasa gan ...
    sy mau berbagi masah sedikit gan..
    sy punya masalah dgn motoran 3 fasa.sistem 2speed.
    Low nya 380 v
    High 450v
    Msalah nya saat di high di fungsikan.
    Motor hanya bunyi teeeeeng,d n tdk ada putaran.
    dan langsung panas...
    Kira2 apa masalah nya gan?
    Mksih sblm NY a.

  10. banyak pelajaran yang bisa diambil,maaf kl untuk pembuatan ats-amf memakai smart zelio type brp ya, trmksh

    1. terimakasih atas kunjungannya, untuk membuat Program Ats-Amf menggunakan Smart Relay Zelio yang perlu diperhatikan adalah tegangan sumber untuk mengaktifkannya apakah menggunakan sumber AC atau DC, selanjutnya Berapa output yang dilayani oleh smart relay zelio untuk melayani kontaktor. untuk menentukan tipenya silakan download dulu softwarenya, dari situ bisa sobat tentukan berapa I/O (Input/Output) yang diinginkan. Kalo pengalaman saya, saya menggunakan Tipe SR3B261BD dengan power suplay DC 24 Volt, dengan 10 Relay Output, atau sobat bisa gunakan yang tipe SR3B261FU dengan tegangan Input AC 100-240 Volt dengan 10 relay Output. begitu...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Akhdanazizan.com © 2013-2017 Supported By IDwebhost