Membalik putaran motor listrik 1 fasa, Apakah bisa ?

Membalik Putaran Motor Listrik 1 Fasa

Jika timbul pertanyaan seperti judul tulisan ini, “ Bagaimana Membalik putaran motor listrik 1 fasa ”, mungkin cocok untuk di baca bagi sobat yang butuh informasi mengenai hal tersebut, lalu bagi yang tau atau pernah mengalami hal yang demikian maka akan menjawab “bisa”, sama halnya jika sobat bertanya kepada saya maka saya pun akan menjawab seperti itu.

Ini pernah saya alami ketika motor listrik kompresor kami terbakar dan waktu itu di ganti sama2 motor listrik 1 fasa yang baru (sambil menggulung ulang motor tersebut yang terbakar ), setelah di operasikan motor listrik 1 fasa tersebut bekerja dengan normal, ya namanya aja baru, tapi kanyaknya lama sekali angin dalam tabung kompresor  penuh dilihat dari penujukan jarum pressure swicth nya, ya.. rupanya arah motor listrik penggerakknya terbalik. Nah dari masalah itu saya bongkar motornya dan saya otak atik deh biar bisa membalik putaran motor listriknya, terakhir bisa dan kompresornya pun cepat terisi angin.

Dari cerita diatas saya pengen ni untuk berbagi buat sobat pembaca mudah2an aja bisa bermanfaat. Untuk Membalik Putaran Motor Listrik 1 Fasa sebenarnya bisa kita lakukan meskipun bekerja sedikitlah untuk mengotak atiknya, beda dengan motor listrik 3 fasa yang dapat dilakukan hanya dengan menukar fasa dan salah satu fasa tetap. Teorinya si gampang tapi kalo mau dipraktekin sedikit bingung beda kalo emang dibidangnya, pada motor listrik 1 fasa dikenal dengan 2 (dua) jenis kumparan yaitu kumparan Utama dan kumparan Bantu.

Untuk membedakan antara kumparan utama dan bantu sangat mudah di tentukan, pada kumparan utama biasanya diameter kawat imail lebih besar dibanding kumparan bantu namun jika sudah di packing agak sulit untuk melihatnya disebabkan pada ujung kumparan utama dan bantu di tambah/sambung dengan kabel serabut yang berselubung isolasi, sebagai terminal input tegangan sumber.

Tapi jangan putus asa dulu deh kalau punya masalah tersebut, yang penting ikuti aja apa yang akan saya sampaikan ini. Teori Membalik Putaran Motor Listrik 1 Fasa sama halnya dengan motor listrik 3 fasa yaitu dengan dengan cara membalik arah fluksi magnet pada kumparan statornya, secara praktek untuk membalik motor listrik 1 fasa yaitu membalik arah kumparan utama terhadap kumparan bantu atau sebaliknya, untuk jelasnya dapat di lihat pada gambar berikut ini :

Membalik Putaran Motor Listrik 1 Fasa

Gambar diatas adalah gambaran bagimana cara Membalik Putaran Motor Listrik 1 Fasa, cara dari kedua gambar tersebut adalah sama walaupun jenis motor listrik nya beda, untuk yang pertama di atas adalah motor splitphasa dengan sakelar sentrifugal, sedangkan motor yang ke dua adalah motor kapasitor.

Jika sobat ingin lebih yakin silakan bongkar terminal motor listrik 1 fasa tersebut cek menggunakan multimeter arahkan pada Ohm meter dan ikuti gambar tersebut diatas. Jika ingin di buat terminal baru untuk keperluan pengontrolan dengan kontaktor silakan, jadi tidak perlu harus membeli motor listrik 3 fasa sedangkan suplay listrik 3 fasa tidak tersedia. Saya rasa cukup pembahasan tentang Membalik Putaran Motor Listrik 1 Fasa. Jika ada pertanyaan silakan berkomentar.

Silakan baca juga : Gambar Dan Data Lilitan Pompa Air 125 / 200 Watt

23 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *