Gambar Hubungan Star Delta Motor Listrik 3 Fasa

By : Akhdanazizan

Jika anda ingin membeli motor listrik 3 fasa khususnya motor induksi, maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, salah satu diantaranya adalah berkaitan dengan cara menjalankan motor listrik tersebut. Pada tulisan saya kali ini saya akan membahas Gambar Hubungan Star Delta dan berhubungan dengan posting saya sebelumnya tentang Pengasutan Bintang (Start) – Segitiga (Delta) Motor Listrik jika belum dibaca silakan di cek. Motor listrik induksi 3 fasa di pasaran ada yang langsung bisa dipakai karena telah di desain oleh pabrik pembuat sesuai dengan tegangan sumber yang tersedia pada suatu tempat, misalnya untuk di indonesia tegangan 3 fasa sebesar 380 volt.

Meskipun demikian ada juga beberapa motor listrik 3 fasa yang harus dirakit lagi apakah mau di jalankan dengan hubungan bintang atau hubungan delta. Jika anda menemukan hal yang seperti itu maka anda harus teliti karena jika salah dalam merangkai hubungan  kumparannya  maka berakibat terhadap motor listrik tersebut, sehingga Name Plate pada motor listrik tersebut harus benar benar dipahami. Sebagai referensi untuk anda, akan saya tampilkan Gambar Hubungan Star Delta motor listrik berikut ini :

  1. Gambar Hubungan Stargambar hubungan bintang 1 2 Gambar Hubungan Star Delta Motor Listrik 3 Fasa
  2. Gambar Hubungan Deltagambar hubungan delta 1 2 Gambar Hubungan Star Delta Motor Listrik 3 Fasa

Dari 4 gambar diatas terlihat ada 2 bentuk hubungan Star dan 2 bentuk hubungan Delta untuk implementasi pada sebuah motor 3 fasa terserah mau pilih yang mana, namun tetap harus diperhatikan notasi pada motor listriknya lalu sesuaikan dengan Gambar Hubungan Star Delta diatas. Beda antara kiri dan kanan gambar diatas adalah arah putaran yang dihasilkan karena terjadi perbedaan arah fluks magnet yang masuk pada kumparan stator motor, meskipun sumber listrik yang masuk pada input motor tetap.

Apakah motor listrik akan dihubungkan Star atau Delta maka untuk menentukannya harus memperhatikan Name Plate yang tertera pada body/stator motor, sekali lagi untuk mempraktekan gambar tersebut saya saranan untuk membaca tulisan dengan judul Pengasutan Bintang (Start) – Segitiga (Delta) Motor Listrik pada posting sebelumnya. Sekian dulu pembahasan tentang Gambar Hubungan Star Delta Motor Listrik 3 Fasa semoga dapat bermanfaat dan berhasil.

Berikut Adalah Keyword Untuk Judul Posting Diatas :

3 thoughts on “Gambar Hubungan Star Delta Motor Listrik 3 Fasa

  1. erry

    Info yang bagus gan….. dan bermanfaat. Tetepi alangkah lebih baik jikalau dibuatkan gambar yang menunjukkan sebuah rangkai star-deltanya. Dan bagaimana cara membuat rangkaian control star delta untuk sebuah motor . Kemudian pengaruhnya antara motor terrangkai star atau motor terangkai delta dan perbedaannyanya.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>