Fungsi Kapasitor Pada Mesin Cuci Dua Tabung

Hallo sobat hari ini saya akan membahas sedikit tentang Fungsi Kapasitor Pada Mesin Cuci Dua Tabung, meskipun pada pembahasan sebelumnya telah di bahas yang terkait dengan kapasitor, untuk sobat yang kebetulan mampir disini sobat juga bisa melihat posting posting yang lain pada halaman sitemap, disana mungkin sobat bisa menemukan tulisan yang mungkin bermanfaat bagi sobat. Oke kita lanjutkan lagi pembahasannya tentang fungsi kapasitor pada mesin cuci khususnya mesin cuci dengan dua tabung yaitu bagian pencuci dan pengering yang dirancang terpisah.

Kalau kita lihat pada mesin cuci jenis dua tabung terdapat satu paket kapasitor atau elco yang didalamnya terdapat dua kapasitor dengan dua nilai yang berbeda dan otomatis fungsinya pun berbeda, meskipun secara teori menjalankan motor listrik 1 fasa fungsi kapasitor pada mesin cuci adalah sama yaitu untuk menggesar sudut fasa antara arus dan tegangan pada kumparan utama dan bantu, yang mana pada jaringan listrik 1 fasa tidak ada pegeseran sudut antara arus dan tegangan atau sudutnya Nol.

Fungsi Kapasitor Pada Mesin Cuci Dua Tabung

Sekarang mari kita langsung cek fungsi kapasitor pada mesin cuci, nilai kapasitor yang terdapat pada mesin cuci 2 tabung memiliki dua nilai yang berbeda misalnya 4 μf dan 10 μf, 6 μf dan 10 μf, 6 μf dan 12 μf tergantung pembuat mesin cuci tersebut. Anggaplah mesin cuci yang kita jumpai dengan ukuran kapasitor 4 μf dan 10 μf.

Untuk ukuran 4 μf ini digunakan untuk spin motor atau motor bagian pengering, spin motor memiliki kumparan utama dan bantu. Kapasitor dengan ukuran 4 μf dipasang dengan cara diseri pada kumparan bantu sehingga antara kumparan bantu dan utama terjadi pergeseran sudut fasa antara arus dan tegangan sehingga spin motor bisa berputar.Fungsi Kapasitor Pada Mesin Cuci

Fungsi kapasitor pada mesin cuci untuk yang berukuran 10 μf ini dipasang pada motor bagian pencuci atau wash motor. Pada wash motor juga terdapat kumparan utama dan bantu, namun tidak ada perbedaan yang berkaitan dengan jumlah dan diameter kumparan, dengan demikian pergeseran sudut fasa antara arus dan tegangan tidak ada atau Nol, sehingga diperlukan kapasitor untuk menggeser sudut fasa antara arus dan tegangan.

Persamaan yang berkaitan dengan jumlah dan diameter kumparan tersebut pasti memiliki maksud, maksudnya adalah karena wash motor ini dirancang untuk berputar bergantian ke kiri dan ke kanan maka pada saat wash motor berputar kekiri atau kekanan diharapkan beban yang dipikulnya sama antara kedua kumparan tersebut.

Kesimpulan dari pernyataan diatas bahwa fungsi kapasitor pada mesin cuci baik yang berukuran kecil untuk spin motor maupun yang berukuran besar untuk wash motor sama sama berfungsi untuk menggeser sudut fasa antara arus dan tegangan pada kumparan motor baik utama maupun bantu. Sehingga dengan adanya pergeseran sudut fasa pada kumparan maka terjadilah medan putar, sehingga motor berputar. Demikian pembahasan tentang fungsi kapasitor pada mesin cuci 2 tabung mudah mudahan bermanfaat.

23 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *