Cara Testing ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker)

Cara testing ELCB – Pada posting terdahulu dan dahulu banget telah saya bahas ELCB sebagai pengaman manusia dari listrik, kali ini saya ingin share tentang bagaimana cara testing ELCB sebab kalau tidak tau bagaimana prinsip kerja elcb secara praktik mungkin keraguan akan menghampiri pemilik elcb tersebut “apakah ELCB yang saya pasang ini benar benar bisa mengamankan ya”. Makanya disini saya ingin berbagi untuk sobat yang membutuhkan bagaimana cara testing ELCB sebelum menggunaknnya.

Cara testing ELCB dapat dilakukan dengan 3 cara

  1. Dengan Menekan Tombol Test

Cara Testing ELCBPada dasarnya elcb di lengkapi dengan tombol test, tombol test ini berfungsi sebagai testing awal ketika hendak menggunakan elcb tersebut, tombol test akan berfungsi ketika sumber telah masuk ke ELCB baik elcb 1 fasa maupun 3 fasa. Cara testing ELCB juga gampang banget sobat cukup menekan tombol test tersebut, ketika tombol test sudah di tekan maka otomatis tuas elcb yang berfungsi untuk menghubungkan antara terminal input dan autput akan terputus.

  1. Menghubungkan kebel Fasa ke Tanah/Ground

Cara testing ELCB dengan menghubungkan kabel fasa ketanah juga hal yang penting untuk dilakukan. Percobaan yang telah saya lakukan untuk menguji apakah elcb nantinya bekerja dengan baik ketika ada gangguan fasa terhadap tanah, ternyata benar terjadi trip ketika kabel fasa dari elcb saya hubungkan ketanah. Dengan demikian kalau seandainya dikemuadian hari terjadi gangguan instalasi rumah terhadap tanah maka ELCB akan memutus rangkaian.Cara Testing ELCB

  1. Kontak langsung ke tangan atau anggota tubuh yang lainnya

untuk cata testing ELCB yang ketiga ini sangat tidak saya anjurkan, meskipun secara prinsip sama dengan cara testing ELCB pada poin kedua Cuma melalui prantara kontak langsung dengan manusia, namanya aja buatan manusia setiap alat pasti nilai sensitifitasnya berbeda kalau sensitifitasnya tinggi maka aman kalau sensitifitasnya rendah itu yang berbahaya. Jadi hal ini sangat tidaj saya anjurkan untuk di praktetin.

Demikian pembahasan singkat bagaimana cara testing ELCB semoga bermanfaat, jika sobat ingin menggunakan alat tersebut dan tidak tau bagaimana cara pemasangannya silakan baca posting ELCB sebagai pengaman manusia dari listrik semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Akhdanazizan.com © 2013-2017 Supported By IDwebhost
%d blogger menyukai ini: