Cara Setting Timer Listrik (Theben)

Diposting pada

Cara setting Timer Listrik (Theben) – Pada posting sebelumnya telah saya bahas tentang “ Sakelar Otomatis untuk Instalasi Listrik Lampu ”, Mudah mudahan Pada posting tersebut teman-teman telah mengetahui bagaimana cara merangkainya sehingga dapat digunakan untuk keperluan teman-teman.

Cara Setting Timer Listrik dari posting kali ini merupakan lanjutan dari posting “Sakelar Otomatis untuk Instalasi Listrik Lampu” kebetulan pada posting tersebut belum saya jelaskan Cara Setting Timer Listrik nya kalau yang berhubungan dengan Photocell saya kira sudah cukup jadi tidak perlu dibahas lagi.

Coba kita perhatikan gambar berikut, sama halnya dengan kontaktor magnet, relay maupun push button, maka timer listrik juga memiliki kontak. Yaitu kontak NO (Normally Open) dan NC (Normally Close) namun prinsip kerjanya seperti sakelar tukar.

Dari gambar tersebut bahwa kontak NO itu adalah 2 – 1 sedangkan kontak NC adalah 2 – 3 yang mana angka 2 merupakan input phasenya lalu 1 dan 3 adalah outpunya.

Sekarang bagaimana Cara Setting Timer Listrik tersebut (khususnya merek theben) untuk pengaturan nya saya bagi menjadi beberapa step.

Cara Setting Timer Listrik

cara setting timer listrik

#1. Persiapan awal

Pada angka 2 itu adalah posisi standar yang menandakan bahwa kontak NO dan NC sesuai dengan angka 3.

Untuk pengaturan awal silakan angka no 4 semuanya di buat terbuka terlebih dahulu dengan cara menekan keluar. Selanjutnya angka no 1 pada gambar tersebut di atur sesuai dengan angka 2.

 

#2. Pengaturan waktu

Untuk Cara Setting Timer Listrik pada posisi ini silakan atur sirip sirip pada angka No 4 dengan menekan ke dalam. Aturlah sirip sirip sesuai dengan waktu yang di harapkan.

Untuk diketahui bahwa setiap 1 sirip mewakili 30 menit, untuk seluruh waktunya dirancang sesuai dengan waktu berdurasi 24 jam.

Baca juga :  Warna Kabel Listrik Standar PUIL 2011 dan SNI

Sebagai contoh ketika kita ingin mengatur lampu taman atau apa saja yang nantinya akan menyala pada pukul 17.30 dan akan padam/mati pada pukul 05.30 pagi.

Maka pengaturannya yang kita lakukan adalah dengan cara menekan ke dalam sirip sirip pada angka No 4, sehingga banyaknys sirip yang kedalam dimulai dari 17.30 dan berakhir pada posisi 05.30.

Sisanya biarkan dalam keadaan terbuka. Untuk angka No 6 gambar tersebut silakan diatur pada posisi auto agar setting yang telah kita lakukan berjalan otomatis.

Setelah melakukan hal diatas silakan pasang timer tersebut pada beban lampu atau beban kontaktor magnet jika beban lampunya sangat banyak.

Untuk pemasangannya silakan lihat pada posting”sakelar otomatis untuk instalasi listrik lampu”. Langkah terakhir yang harus dilakukan silakan sesuaikan waktu timer listrik dengan waktu sesungguhnya. Dengan cara melihat jam lalu memutar ke arah kanan tombol angka No 5 pada gambar diatas tersebut.

UPDATE : agar lebih memantapkan penjelasan diatas berikut telah saya ingkludkan video tentang setting timer listrik (Powell kembaran Theben)

Dengan begitu selesai sudah cara setting timer listrik, silakan di uji coba terlebih dahulu, semoga bermanfaat.

43 komentar.

  1. Pak Abu Akhdan, saya sudah setting sesuai petunjuk. Dites manual (no 5 diputar sampai no 4 yg di setting) berfungsi. Tetapi kenapa jam nya (no 5) tidak bergerak/berputar yah? Padahal bunyi tik tik nya masih terdengar.
    Sehingga fungsi otomatis on/off nya tidak berjalan.
    Mohon bantuan penjelasannya ya Pak…terima kasih…

  2. Misalkan utk atur lampu luar dan lampu taman, pengaturan mana yg lbh baik Pak:
    1. Timer Theben lgsg dihubungkan ke saklar
    2. Lampu luar dan lampu taman dihubungkan dalam 1 Circuit Switch, kemudian baru dihubungkan ke timer Theben

    1. jika bebannya banyak maka lebih bagus timer hanya melayani koil kontaktor, selanjutnya kontak yang di miliki kontaktor di fungsikan untuk melayani beban lampu, agar timer tahan lama.
      Namum jika bebannya hanya sedikit bisa langsung dihubungkan dengan timer aja unutuk melayani beban,

  3. Assalamualaikum pak Abu Akhdan,

    Pak, mau tanya beberapa hal terkait Theben SUL181H ini:
    1- Apakah bisa, jika diluar jam yg ditentukan, lampu tetap bisa dimatikan/nyalakan manual menggunakan saklar?
    Jadi misal lampu di set timer nyala pada jam 18.00 – 06.00, tapi jam 14 siang karena mendung dan gelap, mau saya nyalakan manual. Begitu juga sebaliknya, jika saya mau mematikan lampu jam 21.00 secara manual. Apakah bisa?

    2- Apakah ada jasa setting atau pemasangan timer ini di sekitar Jakarta? Tukang listrik sy sepertinya nyerah nih..:(

    Terima kasih pak.

    1. Assalamualaikum Wr. Wb
      Selamat Sore Pak, pertanyaan saya sama dengan pertanyaan Pak Toto no.1 tanggal 29 Nov.2017. Minta tolong di emailin juga jawabannya pak. Terima kasih banyak sebelumnya.

    1. Selagi travonya masih mampu ya bisa aja,,,cuma kenapa harus pakai travo takutnya hanya menambah memperburuk faktor daya aja, langsung aja mengoperasikan lampunya tanpa travo,,,,

  4. Assalamualaikum Pak Abu Akhdan..
    Kenapa ya timer Theben ketika sudah mati lampu alias padam timernya harus disetting lagi?? Adakah solusi/ saran sekiranya timer theben itu walaupun habis padam gak perlu nyetting lagi?? Soalnya saya pasang untuk PJU di jalan yg rawan. Sblmnya ane ucapkan Sukron katsir pak dan smoga Bpk slalu dlm RidhoNYA

    1. Waalaikumsalam kang, biasanya masalah baterainya kang udah suak, kalau bisa di bongkar silakan aja di ganti, tapi terus terang saya belum pernah membuka timer tersebut.. demikian

  5. Assalamualaikum, pak saya mau bertanya biasanya kalau timer tidak berjalan otomatis itu disebabkan oleh apa ya? Kalau dilihat dari rangkaian itu sudah benar, tapi timernya tidak berjalan. Mohon bantuan solusinua pa, terimakasih 🙂

    1. Waalaikum salam, kalau seandainya timer dalam kondisi baru,maka kemungkinan yang salah adalah rangkaian kontrolnya, jadi silakan di cek ulang, biasanya jika saya ada pekerjaan yang berkaitan dengan kontrol selalu saya uji dulu menggunakan Festo Fluidsim, jika tidak ada silakan aja download cari aja di google..demikian semoga membantu…

  6. Assalamualaikum…
    Jika hampir slesai trus bagian terakhir yg di putar ke kanan pada gmbr nmr 5.. sampai mnunjukan di angka brapa??

    1. Waalaikum salam,
      Yang no 5 itu adalah jam jadi sesuaikan aja dengan jam sebenarnya misal jam tangan menunjukan jam 10.lewat 10 menit maka aturlah timer tersebut sesuai waktu yang sebenarnya

      Demikian semoga membantu 🙂

  7. asalamualaikum pak ….. masing masing timer itu punya source sendiri sendiri ya pak … perbedaan paling mencolok dari timer theben dan timer omron apa ya pak ?

    1. Sepertinya agak berbeda dengan timer theben, untuk saat ini saya belum pernah menggunakan timer merek panasonik jadi belum bisa membantu hanya saya sarankan untuk membaca lembaran panduannya.. demikian…

  8. Assalamualaikum,,,, saya setting timernya,, lampu hidup otomatis tetapi kenapa tidak bisa mati otomatis??? Terima kasih..

  9. Assalamualaikum.wr.wb.
    Pak, bolehkah saya minta rangkaian timer untuk auto stop seperti yang digunakan pada sirine (bisa diatur waktu berhentinya sejak tombol ditekan). Terima kasih. Wassalamualaikum.wr.wb.

  10. Assalam mualaikum.. Pak Abu saya ada kesulitan pada setting timer yg sprt bpk jelaskan diatas. Settingan sdh saya terapkan sesuai bpk berikan ttp kenapa timer tdk jalan. Waktu di dalam timer tdk berputar menunjukkan waktu yg sedang berjalan. Mohon penjelasan. Trm ksh

  11. Pak saya ingin Pasang timer untuk lampu rumah, alat APA yang di perlukan, 1 timer utk satu rumah APA perlu tamnahan alat main, terima kasih

  12. assalamualaikum. bgmana jika diatur dua waktu, bisakah?..misalkan pukul 17.30-22.30 dan 04.00-05.30…
    terima kasih

  13. Assalamu alaikum wr.wb mksh bnyk ilmu nya yg anda berikan semoga bermanfaat dan semakin bertambah ilmu nya. Mf pa klw boleh minta rangkaian dan penjelasan mengenai panel ats dan juga amf dan sekalian rangkaian capasitor bank !! Terima kasih sebelumnya pak semoga sukses.

    1. waalaikum salam wr.wb, terimakasih udah mampir kesini, terimakasih juga atas doanya, untuk panel atas silakan di cek pada posting : rangkaian kontrol panel atas genset , untuk panel amf nya blom sempat saya buat penjelasannya mungkin di lain hari akan saya posting juga insyaallah. untuk rangkaian kapasitor bank blom terpikir untuk membuatnya nanti saya pikirkan dulu.

  14. Assalamu Alaikum wr.wb..makasih atas tambahan Ilmu yang anda brikan ..klo bisa sy mw minta Rangkaian dan penjelasan ATS nya ..!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *