Cara Menghitung Tegangan Resistor Rangkaian Seri

Cara Menghitung Tegangan Resistor  Rangkaian Seri

 

Posting kali ini berkaitan dengan resistor, yang mana resistor merupakan salah satu komponen pasif dari beberapa komponen elektronika yang banyak kita jumpai pada peralatan elektronika. Judul posting yang saya angkat kali ini yaitu bagaimana Cara Menghitung Tegangan Resistor . Sebelumnya mari saya klasifikasikan dulu jenis hubungan rangkaian resistor yang hendak kita cari berapa besarnya nilai tagangan resistor pada hubungan tersebut. Beberapa hubungan resistor tersebut antara lain resistor dengan hubungan seri, resistor dengan hubungan paralel dan resistor dengan hubungan campuran (seri-paralel).

Namun Cara Menghitung Tegangan Resistor yang akan saya bahas disini hanya untuk hubungan seri saja karena pada hubungan paralel nilai tegangan resistor sama dengan tegangan sumbernya jadi tidak perlu lagi untuk dihitung. Silakan dibaca lagi pada posting terdahulu di “Hubungan Arus Dan Tegangan pada Rangkaian Resistor”. Sebagai contoh kasusnya mari kita perhatikan gambar berikut ini. Pada gambar tersebut terdapat 2 buah resistor (R1 dan R2) yang tersusun secara seri (Gbr.1) yang pasti pada masing masing R1 dan R2 terdapat pembagian tegangan terhadap tegangan sumber. Seandainya tegangan sumber sebesar 12 Volt maka logikanya penjumlahan tegangan pada R1 dan R2 adalah sebesar 12 Volt juga.

cara menghitung tegangan resistorBagaimana Cara Menghitung Tegangan Resistor Coba lihat pada gambar di sebelah kanan atas (Gbr.2) berdasarkan hukum Ohm maka untuk mengetahui berapa besar nilai tegangan di R1 dapat menggunakan rumus VR1 = I x R1 sedangkan untuk menghitung berapa besar nilai tegangan di R2 juga bisa menggunakan rumus VR2 = I x R2 yang mana I adalah arus total yang mengalir pada rangkaian tersebut. Jika berdasarkan rumus ohm tersebut kita uji dengan nilai yang tertera pada gambar di atas maka:

cara menghitung tegangan resistorDari hasil perhitungan tersebut di dapat besarnya nilai tegangan pada R1 atau VR1 = 5 Volt dan besarnya nilai tegangan pada R2 atau VR2 = 7 Volt dengan demikian jika di jumlahkan nilai tegangan pada masing masing resistor R1 dan R2 adalah 12 V alias sama dengan tegangan sumbernya. Lalu Bagaimana sob bisa di pahami ? mudah mudahan pembahasan yang singkat ini tentang bagaimana Cara Menghitung Tegangan Resistor bisa bermanfaat.

 

1 Comment

Add a Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Akhdanazizan.com © 2013-2017 Supported By IDwebhost
%d blogger menyukai ini: