Cara Menghitung Nilai Kapasitor Seri Maupun Paralel

Cara menghitung nilai kapasitor seri maupun paralel adalah hal yang biasa dilakukan oleh para perencana rangkaian elektronika (listrik arus lemah), meskipun banyak juga menggunakan kapasitor pada bidang listrik arus kuat. Penggunaan kapasitor pada bidang elektronika contoh sederhananya adalah pada rangkaian catu daya (adaptor), sedangkan pada bidang listrik arus kuat kapasitor di gunakan pada motor listrik 1 fasa, panel kapasitor bank (untuk perbaikan faktor daya) dan lain lain, yang pasti banyak sekali penerapan kapasitor pada bidangnya masing masing.

Meskipin nilai kapasitor sudah ditetapkan oleh pabrik pembuatnya berdasarkan standarisasi internasional, tidak menutup kemungkinan para perencana membutuhkan nilai kapasitor yang tidak sesuai dengan nilai yang bersifat tetap yang telah di buat tersebut, sehingga diperlukan modifikasi nilai yang didapat dengan cara menghitung nilai kapasitor baik dengan cara menghitung kapasitor seri maupun paralel.

Cara menghitung nilai kapasitor seri maupun paralel ini berbeda dengan cara menghitung nilai resistor yang disusun seri maupun paralel yang mana jika kapasitor yang disusun seri akan menghasilkan nilai yang kecil sedangkan jika resistor yang disusun seri akan menghasilkan nilai yang besar. Demikian juga ketika kapasitor disusun paralel akan menghasilkan nilai yang besar sedangkan jika resistor disusun paralel akan menghasilkan nilai yang kecil. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa ketika kapasitor maupun resistor di susun paralel maupun seri akan menghasilkan nilai dengan perbandingan terbalik.

Baik, sekarang bagaimana cara menghitung nilai kapasitor seri maupun paralel akan saya jelaskan berdasarkan rumus rumus berukut ini:

  1. Cara menghitung nilai kapasitor dengan hubungan seri

Rumus yang biasa digunakan adalah sebagai berikut :

Rumus kapasitor seri Gambar kapasitor dengan hubungan seri bisa dilihat pada gambar baerikut:

cara menghitung nilai kapasitor seriDari gambar diatas dapatlah kita cari nilai pengganti atau Ctotal sehingga;

cara menghitung nilai kapasitor

  1. Cara menghitung nilai kapasitor dengan hubungan paralel

Rumus yang biasa di gunakan untuk menghitung nilai kapasitor dengan hubungan paralel sebagai berikut :

Rumus kapasitor paralel Gambar kapasitor dengan hubungan paralel bisa dilihat pada gambar baerikut:

cara menghitung nilai kapasitor paralelDari gambar tersebut dapatlah kita cari nilai pengganti atau Ctotal sehingga ;

cara menghitung nilai kapasitor paralelDari 2 model perhitungan diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa jika kapasitor dihubungkan seri maka nilainya akan mengecil dan jika kapasitor dihubungkan paralel maka nilainya akan membesar. Cara berhitung seperti inilah yang biasa dilakukan oleh para perencana termasuk saya lakukan untuk menentukan nilai tertentu yang diharapkannya. Semoga penjelasan yang singkat ini tentang Cara Menghitung Nilai Kapasitor Seri Maupun Paralel bisa dipahami dan bermanfaat bagi sobat pengunjung.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *