Cara Kerja Kontaktor Untuk Memperoleh Kemagnetan

By : Akhdanazizan

Kontaktor magnet merupakan sakelar daya dengan prinsip kerja kemagnetan, boleh dikatakan bahwa kontaktor magnet sangat banyak sekali di gunakan dibanding dengan Cam swicth, Togel Switch atau lain lain karena cara kerjanya yang manual sehingga masih 100% ditangani oleh operator. Untuk tulisan kali ini saya akan berbagi ilmu tentang cara kerja kontaktor magnet sehingga dengan mengetahui cara kerja kontaktor magnet tersebut mudah mudahan bermanfaat bagi sobat yang kebetulah butuh untuk di jelaskan. Oke langsung aja.

Pada posting sebelumnya ada juga saya bahas yang berkaitang dengan kontaktor ini sobat bisa cek bagian sitemap, cara kerja kontaktor yang akan saya bahas disini adalah jenis kontaktor AC (Alternating current) apakah dengan tegangan input 220 Volt maupun 380 Volt karena sama aja lah cara kerja kontaktor tersebut, hanya jika ingin menggunakan kontaktor tersebut harus memperhatikan tagangan yang tersedia. Jika tegangan yang tersedia hanya tengangan 220 Volt jangan membeli kontaktor dengan tegangan 380 Volt, ntar jika di rangkai malah kontaktornya hanya bergetar saja akibat kurangnya tegangan yang harus masuk. Namun jika tegangan yang tersedia adalah tagangan 3 phase 380 volt sobat bisa membeli kontaktor dengan spesifikasi tagangan 220 volt, untuk pemasangannya cuku masukan kabel fasa dan netral sehingga tagangan otomatis 220 volt ( cek posting : Keluaran Listrik 3 phase dari generator ).

Cara kerja kontaktorCara kerja Kontaktor magnet jenis AC agak sedikit berbeda dengan kontaktor DC. berhubung tagangan DC tidak mempunya frekuensi maka jika tengangan DC masuk pada kumparan/Coil  pada kontaktor DC dengan inti dari bahan feromagnetik (salah satunya besi) maka inti tersebut akan menjadi magnet. Dengan terjadinya kemagnetan pada inti besi maka inti besi yang dapat bergerak akan tertarik, Sehingga Poros  inti besi bergerak yang di gabungkan dengan kontak NO/NC akan bekerja sebagai sakelar membuka atau menutup. Untuk cara kerja kontaktor jenis AC ini jika arus listrik yang masuk pada kumaran/Coil yang berinti besi maka pada inti besi tersebut harus diasang cincin hubung singkat yang berfungsi untuk meredam getaran inti besi akibat adanya frekuensi sebesar 50 HZ  pada aliran listrik.

Dengan memahami cara kerja kontaktor magnet maka mudah mudahan sobat bisa mempraktekkan nya apakah hanya untuk coba coba atau untuk keperluan sobat dalam pengontrolan.  Sobat juga bisa mempelajari cara pemasangannnya pada posting cara memasang kontaktor magnet sebelumnya. Demikian secara singkat penjelasan tantang Cara Kerja Kontaktor Untuk Memperoleh Kemagnetan. Semoga bisa di pahami.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *