Cara Cek Kapasitor Motor Listrik Masih Bagus Atau Rusak

Hari ini saya akan posting tentang cara cek kapasitor motor listrik khususunya motor kapasitor apakah masih bagus atau rusak. Salah satu dari Tanda tanda motor listrik 1 fasa tidak mau berputar khususnya motor kapasitor seperti motor pompa air, mesin cuci adalalah kapasitor itu sendiri, meskipun masih ada lagi tanda tanda yang lain seperti kumparan dan fuse pendeteksi panas.

Kenapa demikian, karena kapasitor pada kumparan stator motor listrik tersebut di hubungkan seri sehingga menjadi komponen yang sangat penting jika tidak ada kapasitor atau rusak, maka motor listrik jenis motor kapasitor tidak bisa bekerja. Kira kira ilustrasinya seperti gambar berikut ini :

Cara Cek Kapasitor Motor Listrik

Dari gambar tersebut jelas bahwa kapasitor di pasang seri  terhadap kumparan bantu. Jika kumparan bantu telah terbakar akibat arus listrik yang mengalir menimbulkan panas maupun gangguan pada kapasitor maka motor listrik tidak akan berputar . berdasarkan judul di atas lalu bagaimana cara cek kapasitor motor listrik jika kedua kumparan (kumparan bantu dan kumparan utama)  kelihatan baik-baik saja ?.

Ada dua cara menentukan kapasitor apakah masih baik atau tidak yang pertama (1) dan ini yang paling mudah yaitu dengan melihat fisik kapasitor tersebut, jika kelihatan sudah mengembang atau malah sudah pecah, ini menandakan bahwa kapasitor tersebut tidak baik atau malah sudah rusak. Yang kedua (2) jika kelihatan kapasitor masih kelihatan bagus nah untuk yang demikian bisa di uji dengan tegangan langsung yaitu dengan menghubungkan 2 kaki/kabel yang ada pada kapasitor dengan tegangan langsung, Ilustrasinya seperti gambar berikut :

Cara Cek Kapasitor Motor Listrik

Sobat yang awam dengan listrik biasanya Takut untuk mempraktekkan dengan cara cek kapasitor motor listrik seperti gambar tersebut kecuali yang berani, namun yang penting kabelnya masih berisolasi. Nah bagaimana cara mengetahui rusak atau tidaknya kapasitornya ?.

jika sudah di hubungkan dengan sumber listrik sesaat maka kapasitor yang baik akan menyiman muatan listrik sehingga jika kita hubungkan kedua kabel tersebut (dihubung singkatkan) maka akan terjadi percikan bunga api, ini menandakan bahwa kapasitor masih dalam keadaan baik. Jika tidak terjadi apa apa atau percikan apinya sangat kecil saat dihubung singkatkan maka kapasitor tersebut sudah tidak baik atau malah sudah rusak.

Untuk cara cek kapasitor motor listrik dengan cara ini harus dilakukan dengan hati hati sebab tegangan listrik jika tersentuh dapat mengakibatkan setrom, aduh jadi ingat waktu tersetrum ni, boleh dikatakan kalau sudah keahlian bagian listrik namun belum merasakan setrom mungkin tidak sah kali. Contohnya saya yang berusaha untuk menghindari setrom malah tersetrom. Jadi berhati hatilah dengan listrik, saya rasa cukup pembahasan tentang cara cek kapasitor motor listrik mudah mudahan bermanfaat.

Silakan sobat cek Posting terkait tentang : Fungsi Kapasitor Pada Mesin Cuci

71 Comments

Add a Comment
  1. Asalamualaikum mas.... saya mau tanya...
    Saya punya kompresor angin tetapi masalahnya kalau di colokin kelistrik.... stop kontak balik kalau langsung di colokin ke tegangan tinggi.... hidup tetapi kabelnya langaung panas putarannya pun agak berat dinamonya.... apakah itu tanda2 kapasitornya minta diganti.m..

    1. Waalaiukum salam, coba cek fisik kapasitornya mudah mudahan kapasitornya aja yang masalah, namun kalau kapasitornya gak masalah kemungkinan terbesar adalah kumparan motor kompressor tersebut,, demikian

  2. Maz Bro,mau tanya mengapa mesin cuci saya tidak kuat memutar beban ,padahal sudah saya ganti motornya.trimakasih

    1. di ganti baru motornya atau di lilit ulang jika di ganti baru maka kapasitornya juga harus sesuai dengan spesifikasi motor yang baru... demikian

  3. Maaf mas saya mau numpang tanya, ini saya punya pompa air merk shimizu baru beli 4 hari lalu. namun kok awal awal startnya lambat ya, maksudnya butuh waktu beberapa menit baru kipas berputar. kalau punya orangkan begitu listrik di colok dinamo langsung berputar punya saya tidak beberapa menit baru dinamo berputar. apa itu kapasitor punya saya harus diisi dulu gitu listriknya baru dinamonya start otomatis.?

  4. gan,mesin cuci 2 tabung tapi pengeringnya gk mau muter,cm ngedengung aja,kira2 knpa ya gan?

  5. Assalamu'alaikum Wr. Wb
    Mas Abu, saya punya motor 3 phase induction motor - 1/2 HP 0.37 kW RPM 1400 r/min.
    Agar motor tidak cepat panas dan awet, Pakai capacitor berapa micro parad sebaiknya ?
    Terima kasih
    Salam

  6. Mas Abu Akhdan, Mesin Cuci sanken 2 tabung saya bagian pencucinya gak mau berputar, harus diputer pake tangan baru berputar.
    saya coba ganti kapasitor uk 10+5 uf tetep juga gak bisa berputar.
    kapasitor yang lama, saya sempet kaget ketika kabelnya ada yang bersentuhan menimbulkan percikan api. setelah baca artikel Mas Abu, baru tahu aku berrti kapasitor lamaku masih bagus.
    Trus aku harus ngecek apalagi ya mas biar pencucinya bisa muter sendiri.
    Mohon Pencerahannya

    1. kalau sudah diganti ternyata masih belum mutar berarti ada masalah dengan kumparan atau thermostatnya pada kumparan tersebut, bisa saja karena motornya terkena rembesan air silakan di cek dulu.. demkian

  7. Percikannya ada tp cma 1 kali, apa itu masi normal?? Mohon pencerahannya
    Mkasi...

    1. yang penting ada percikannya bagus lah tu, kalau tidak yakin biasanya dapat di ukur dengan multimeter yang ada untuk mengukur kapasitor,

  8. Selamat malam Mas Abu Akhdan. Mas saya mau tanya, saya punya motor listrik, pada body hanya tertera 275 watt, 220 volt dan 4pole. Mas saya mau hubungkan kabel-kabelnya tapi bingung, kabelnya ada 6. Hitam, putih, biru, merah, ungu dan hijau. Kabel mana yang saya langsungkan dan kabel mana yang saya gabung kekapasitor dan kabel mana yang 1 keujung kapasitor lain. Bolehkah saya memakai kapasitor 12mf. Motor yang saya maksud adalah motor indor AC yang kedua AS nya panjang depan dan belakang. Terimakasih Mas

  9. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ
    Mas kapasitor di mesin cuci rusak di pencucinya berdengung trus saya beli kapasitornya ukuran 10uf 400v, nah kapasitor baru itu ngak ada kabelnya, yang saya ingin tanyakan apakah pemesangan kabelnya itu bebas di kaki manapun?
    Kabel yang asli untuk yg 10uf itu adalah yellow grey
    Terima kasih

    1. waalaikumsalam ...silakan aja di pasang sesuai yang lama, untuk kaki kakinya pada kapasitor gak masalah di pasang terbalik

  10. Assalamualaikum w.w spinner mesin cuci saya lambat kadang dibantu tangan baru mau berputar kadang dibantupun tetap lambat motor cuci mormal saya coba ganti kapasitor spinnya 3.5 uF malah kedua motor tidak berputar sama sekali, saya ganti kedua kapasitor 9.5uF+3.5uF (1 kapasitor seperti aslinya) tapi kedua motor tetap tidak berputar, kenapa tu Mas? tolong dibantu trims

    1. waalaikumsalam w.w coba di telusuri lagi mungkin ada yang salah saat penyambungan kabelnya, pastikan nilai kapasitor yang paling besar untuk motor pencuci dan yang kecil untuk pengering. apalagi awalnya motor pencuci normal. demikian

  11. terima kasih mas, artikel ini cukup membantu dan bermanfaat,
    saluran listrik dirumah saya terjadi arus hubung singkat, awalnya saya kira hanya karena kelebihan beban dan Saklar MCM turun/off otomatis.
    ketika saya angkat/on lagi ternyata gk bisa/langsung mati lagi, baru saya punya kecurigaan ada instalasi saya yg gak beres.

    ternyata ada masalah di stop kontak tempat mesin cuci, nah sakerang permasalahannya. mesin cuci tersebut gk bisa nyala
    kemungkinan apa saja yg bisa rusak karena terjadi hubung singkat di stop kontak mesin cuci tersebut

    maksudnya bagian mana yang harus saya kontrol terlebih dahulu/ tahapan"nya dari awal

    1. Silakan cabut/lepaskan dahulu steker mesin cuci pada stop kontak mesin cuci lalu nyalakan/onkan kembali mcbnya, jika sudah dilakukan ternyata sudah tidak konslet lagi berarti masalah terjadi pada mesin cuci...
      - Terlebih dahulu silakan cek sepanjang kabel mesin cuci sampai dengan stekernya
      - kalau bisa silakan cek kumparan mungkin ada yang hangus
      - kalau seandainya gak ngerti silakan aja di panggil yang lebih mahir 🙂 demikian

  12. Assalamualaikum mas mau nanya klo mesin pompa air dinamonya ap pakai sekring n warna kabel warna apa ya...

    1. Waalaikum salam, biasanya sekarang pompa air sudah memakai thermostat, untuk warna kabelnya biasanya warna hitam, untu mengetahui dimana tempatnya biasanya diletakkan pada sela sela kumparan,,, silakan dicek...

  13. Assmikum......
    Mas mau nanya sy uda beli kapasitor baru kok mesin cuci sy masih berdengung aja dan tdk mau mutar....mesin cuci dua tabung kapasitornya 5+12 uf ....padahal uda di cek avo meter bagus cuma spinnya yang bisa mutar yg buat cuci gk bisa mutar.....mohon bantuannya

  14. Kipas exhaust merek maspion.gak bisa hidup tapi ada suara dengungan pada motornya.padahal bushingnya gak macet soalnya di putar dg tangan masih enteng.saya cek kapasitornya dg multitester masih ada gerakan tapi sangat sedikit.sebenarnya apanya yg rusak ya mas?

  15. Anung Sulistyo

    Assalamualaikum. Sangat tertarik dengan panel ATS, mohon dikirim wiring diagramnya, trims sebelum dan sesudahnya.

  16. ok banget blog nya mudah mudahan sukses sllu,ikut nyimak

  17. Mas mau nanya,mesin cuci saya 1 tabung.ketika dinyalakan kapasitornya mengeluarkan asap,kira" kapasitornya harus diganti atau ada kerusakan yg lain.terima kasih sebelumnya

    1. Iya, langsung aja di ganti dengan ukuran yang sama..

  18. Bos mau nanya mesin cuci sy gak mau terputar hanya berdengung dan kmrn sy ganti kapasitor tp dinamo pusat terputar sedangkan kalo di pasang karet ke pemutar pencuci gak mau terputar tlg di bantu kenapa tuh ya bos

  19. Mas tanya, kapasitor pompa air saya rusak.
    Biasanya kapasitor pompa air bahan pembuatnya dari plastik, hanya saja saya cari spek yang saya mau tidak ada.
    Jadi saya beli yang bahan nya yang alumunium, dengan spek yang sama.
    Apakah bisa dipakai?

    Lalu untuk kutub nya, apakah bisa terbalik (+/-) nya?

    Satu lagi boleh tahu kabel warna apa saja yang digunakan?
    karena pompa air saya kapasitor nya sudah dicabut dan saya lupa kabelnya yang mana.

    thanks

    1. Yang penting ukuran yang di beli sama dengan ukuran aslinya jadi tidak masalah dan pemasangannya juga tidak masalah kalau terbalik, terus terang saja belum pernah mengamati warna kabel pada merek tertentu karena warna kabel biasanya menunjukkan tentang kumparan bantu dan kumparan utama yang erat hubungannya untuk pemasangan kapasitor, mohon maaf jika jawaban kurang memuaskan

  20. saya punya bor duduk , kalau dihidupkan terdengar bunyi mendengung nggak mau berputar , kalau pullynya saya putar baru bornya mau berputar , sudah saya bongkar dan bearingnya saya kasih stempet sehingga kalau di puter dengan tangan dapat muter dengan ringan , tapi begitu disambungkan dengan listrik mendengung terus nggak mau muter , apa itu kapasitornya perlu diganti ??? , kalau perlu di ganti gimana menghitung nilai kapasitornya soalnya kapasitornya nggak ori maklum beli bor bekas , mohon diberi solusi - terima kasih.

    1. Maaf baru di tanggapi soalnya saya jarang cek blog lagi, semangatnya agak kendur sekarang, untuk masalah tersebut kemungkinan yang terjadi adalah kumparan ada yang konslet namun masih belum fatal sehingga yang ditimbulkan hanya kemagnetan saja dan ketika sumber listrik di masukan yang terjadi rotor menjadi melekat, coba cek kumparannya, untuk penggantian kapasitor saya sarankan gunakan aja yang 6 micro atau 8 micro farad, karena detainya perlu perhitungan yang tepat. jika motor tersebut menggunakan sentrifugal coba di cek kemungkinan ada yang tidak nyambung, demikian

  21. Mantap ulasanx Sdr. Abu Akhdan.
    Semoga menjadi amal yg tidak terputus.
    Trims banyak.

  22. Asalamualaikum...bgus bnget artikel2ny....saya mau tany nih mas klo air jetpam klo kran d buka kok mlah gak kluar air...apa pengaruh dr capasitor at yg lain...

  23. Kalau sudah ganti kapasitor tapi kipas/heksos masih tetap lemah itu bagaimana ya??

  24. Assalamualaikum,maaf barang kali mas tau cara benerin gerinda duduk yang sudah tidak berputar,tp untuk spul nya masih bunyi jiga di on kan.trimakasih.

    1. waalaikum salam,, sebenarnya belum jelas ni bagaimana spesifikasinya, apakah motor 1 fasa atau 3 fasa, jadi ini perkiraan saya aja berdasarnya masalah diatas, kalau 1 fasa biasanya menggunakan kapasitor, jadi solusinya silakan di ganti kapasitornya... jika 3 fasa maka kemungkinan masalahnya pada lilitan, mungkin salah satu dari ketiga lilitan ada yang tidak masuk listriknya atau salah satunya terbakar solusinya silakan bongkar aja kalau seandainya terbakar silakan di lilit ulang, demikian semoga membantu...

    2. Oh iya mas,saya coba ganti kapasitor gerinda duduk saya,alhamdulillah nyala lagi,tp sekarang gerinda duduk saya(1fasa)mati lagi,sudah di coba ganti kapasitor tp masih tetap gak nyala,tombol on/off pun gak nyala lampu nya.apa harus di lilit ulang spul nya?mohon pencerahan nya,trimakasih untuk waktu dan balasan nya,asslmkm.

    3. Mudah mudahan penggantian kapasitornya sesuai dengan besar kapasitor awalnya, karena kalau lebih besar akan berdampak pada lilitan/kumparan, kalau bisa cek dulu lilitannya kalau seandainya ada tanda tanda terbakar dan bau hangus silakan dililit ulang, demikian 🙂

  25. Makasihh sangat membantu,, asli gan saya langsung coba.. Nyala lagii.. Kbetulan kapasitornya masihh ok..

  26. mas mau tanya kalau kapasitor untuk shimizu itu bagaimana dan harga berapa ya

  27. Om.saya tertarik dengan panel ats sederhana.boleh kirim om..buat belajar rakit sendiri..makasih om

  28. assalammuallaikum.mas gimana cara pasang kapasitor ac, karena ada dua soket pada kapasitor, dan ada kabel biru dan coklat jadi satu, ada kabel merah dan ada kabel putih bekas copotan kapasitor lama, saya lupa perhatikan saat mencabut kabeltsb. terima kasih infonya.salam sukses.

    1. Maaf kapasitor ac yang di maksud disini kapasitor untuk ac (air conditioner) atau kapasitor ac (alternating current) ??

  29. assalamualaikum. mbaca artikel2nya bner2 sangat2 menyenangkan dan menambah wawasan. dari dulu nyari artikel2 yg membahas secara rinci baru disini dpatnya. saya jg sgt tertarik dengan artikel mengenai ats nya. klo berkenan bisa diemailkan wiring diagram dan alat2nya. syukron.

  30. Mas,mau tanya kalau kapasitor genset sering mati kenapa ya?
    Udah diparalel mash aja sering mati.

    1. Maksudnya mesin gensetnya yang mati atau, atau listriknya yang tidak keluar atau kapasitornya yang sering terbakar, maaf saya kurang paham,

  31. Mas klo steker pompa air shimizu di omh meter apakah bisa dipake utk ngecek pompa air baik/rusak ? Mhn pencerahannya

  32. Makasih mas.Artikelnya sangat bermanfaat

  33. Assalamu'alaikum mas.
    Saya mau ganti kapasitor shimizu 8uf 370 volt.Dengan kapasitor 8uf 450 volt apakah bisa mas?

    1. Waalaikum salam, gantikan aja gak masalah, tegangan 450 Volt menunjukan kemampuan maksimum kapasitor, sementara teagangan sumbaer kan hanya 220 volt, demikian 🙂

  34. Assalamu'alaikum Abu akhdan,.. Menarik artikel nya, apalagi untuk saya yg baru belajar tentang listrik, bila berkenan bisa berbagi wirring dan komponen nya ke email sya.. Syukran

    1. Waalaikum salam wr wb, semoga bermanfaat akhi, wiring apa yang di inginkan ya akhi 🙂 ?

  35. Assalamualaikum...

    salam kenal mas,setelah saya searching2 kesana kemari akhirnya terdampar di blog ini dan alhamdulillahnya ketemu blog dan artikel yg mas tulis tentang ATS-AMF. isi blog bagus,dengan pembahasan yg lengkap tetapi simpel dan mudah untuk difahami. jujur saya sangat tertarik dan sangat ingin mempelajarinya (ATS-AMF) karena ini akan dpt membantu didalam pekerjaan saya. dilingkunan saya bekerja mereka "takut" untuk sharing dan berbagi ilmu....maka dari itu saya mencoba untuk mempelajarinya sendiri dengan informasi dari internet. mudah-mudahan mas mau berbagi ilmu dan tidak berkeberatan untuk meng-share wiring dan kontrol ATS-AMF -nya. terimakasih sebelumnya, sukses dan selalu dalam rahmat alloh s.w.t untuk mas.

    1. Walaikum salam w-w, terimakasih atas kunjungannya, sampai sekarang tanggal 11 februari 2015 belum ada yang saya bagikan kepada teman teman tentang rangkaian ats-amf yang ada hanya ats aja, berhubung belum sempat saya buat penjelasan cara kerjanya dan kesibukan saya di luar, insyaallah paling lama 1 mingu dari sekarang akan saya siapkan penjelasannya, saya mohon maaf juga untuk teman teman yang lain.

  36. Assalamu alaikum

    Maaf mau tanya, untuk menentukan berapa jumlah mikro farad dari sebuah kapasitor, untuk di pasang di tegangan tertentu itu apa ada rumusnya. misalnya : saya punya kipas angin yg menggunakan kapasitor 1,5 micro farad dengan tegangan maksimum 400 VAC, ketika kapasitor saya rusak dan saya ganti dengan ukuran micro farad yang beda hasilnya gimana, misal dipasaran adanya stok (2,5 micro farad atau 1 micro farad)

    1. Waalaikum salam, yang pasti ketika kita mau mengganti kapasitor yang rusak harus sesuai yang aslinya karena sudah ditentukan oleh pembuatnya atau setidaknya nilai pengganti tidak jauh dari nilai aslinya misalnya 2,5 micro farad. untuk hitungannya silakan cek posting "menentukan nilai kapasitor" semoga membantu.

  37. Mas, kapasitor mesin cuci sharp es f800 s sy ukuranx 12πf 500v. Ada tulisanx jg c p2 40/85/25. Sy cb ganti dg 12πf 450v c p0 cm bertahan seminggu. Mesin cuci mati lg deh...Angka 40/.....itu maksudx apa akh? Apa hrs yg 500v jg gantix? Sukron

    1. terima kasih juga atas kunjungannya, semoga bermanfaat, untuk penggantian kapasitor itu sudah benar sama sama 12 micro farad untuk tegangannya 450 Volt itu tidak masalah yang penting jangan kurang dari 250 Volt, saran saya jika ingin membeli kapasitor gantiannya lagi nanti minta yang paling bagus, ini hanya masalah kualitas kapasitornya aja, demikian,,,

  38. mohammad syakroni

    assalamu alaikum akhi abu akhdan

    Mantabz artikel nya namun apakah ada cara lain untuk mengecheck kapasitor tersebut,dan saya berterima kasih banyak akhi jikalau artikel panel ATS bisa dikirim ke Email saya.syukron

    1. Waalaikum salam ya akhi, terima kasih dah mampir kesini semoga bermanfaat, sebagai hadianya silakan cek mailnya, 🙂 o ya untuk cara cek kapasitor ada lah cara yang lain yang saya share hanya berdasarkan kebiasaan saya aja, untuk cara yang lain di ukur pake ohm meter, cara nya sederhana cukup hubungkan kedua terminal kapasitor dengan kedua jamper alat ukur. cara memastikannya ketika dihubungkan jarum bergerak kearah kanan kemudian jarum kembali kekiri namum perlahan ini menandakan kapasitor kondisi bagus, jika ke kirinya sama cepatnya dengan kekanannya maka kapasitornya tidak bagus, ini berarti kapasitor sudah tidak bisa lagi untuk menyimpan muatan listrik.demikian

  39. Assalamualaikum
    Perkenalkan saya, Ayah (sesuai bhs arab):)mengenai artikel diatas memang berbahaya untuk dicoba Ayah, apalagi sy pernah mencoba itu pada kapasitor kulkas (yang baru beli) wuiih letupannya bikin kaget dan... kapasitor langsung rusak... apa kapasitornya yang jelek yaa?. untuk kapasitor yg baik di tes seperti itu tidak apa apa yaa Ayah?. oh ya sy juga tertarik artikel rangkaian panel ATS sederhana Ayah? bisa kirimkan wiring dan alatnya apa aja... untuk bantuan jawabannya sy ucapkan terimaksih Ayah...

    1. Waalaikum salam 🙂 Makasih dah mampir ke blog sederhana ini, ya benar lah itu artinya ayah kebetulan nama anak saya akhdan azizan, alhamdulillah saya belum pernah mengalami kejadian seperti itu, bisa jadi emang kapasitor yang baru itu yang bermasalah, kalau bisa untuk mengetahui baik atau rusaknya kapasitor di ukur saja atau lihat kondisi fisiknya, jika berkenan silakan cek mailnya semoga bermanfaat.

  40. Makasih mas buat artikelnya,,, enak di baca dan mudah di pahami,,, sukses selalu mas akdhan.

    1. terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat...

    1. silakan cek mailnya masbro, semoga bermanfaat

  41. Sy senang melihat artikel ATS nya, dari dulu kami mencari artikel seperti ini dan syukur kami dapatkan disini. Boleh kami di berikan wiring dan peralatannya Pak? Terimakasih sebelumnya pak dan semakin sukses!

    1. Alhamdulillah sudah ketemu dengan blog saya yang sederhana ini semoga memberi manfaat, bagi pengunjung. sebagai hadiahnya silakan cek mail nya semoga bermanfaat. oya terima kasih atas doanya semoga sukses juga buat sobat

  42. Assalamualaikum..
    Perkenalkan mas, saya mahasiswa dari padang. Saya tertarik dengan artikel tentang Panel ATS dan ingin mempelajarinya, boleh minta wiring diagramnya mas? Terima kasih sebelumnya..

    1. Waalaikum salam salam kenal bang ridho, mudah mudahan kulianya sukses, silakan cek mailnya semoga bisa di pelajari dan dapat di manfaatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Akhdanazizan.com © 2013-2017 Supported By IDwebhost