AC tidak Dingin dan Hal Yang Mempengaruhinya

Hai sobat hari ini saya akan berbagi untuk sobat pengunjung blog ini tentang hal hal yang mempengaruhi ac tidak dingin, yang pastinya pembahasan kali ini untuk sobat yang di rumahnya mempunyai ac (air conditioner), untuk yang tidak memiliki ac tidak apa apa juga membaca siapa tau nanti punya ac yakan. Ac atau air conditioner (bahasa bulenya) secara umum dapat di definisikan sebagai suatu alat yang berfungsi untuk merubah suhu menjadi dingin, yaitu dengan cara menghembuskan suhu dingin pada evaporator oleh blowernya ke dalam ruangan sehingga udara ruangan berubah menjadi dingin.

AC tidak Dingin dan Hal Yang Mempengaruhinya

Sebelum saya membahas tentang hal hal yang mempengaruhi ac tidak dingin mari kita kenali terlebih dahulu apa saja komponen yang ada pada ac. Berdasarkan teori sekolahan (kebetulan saya mengajar bagian ac juga) bahwa komponen utama yang ada pada AC terdiri dari 4 komponen sebagai berikut, tapi tidak akan saya jelaskan secara mendetail cukup secara umum saja karena pembahasannya bukan tentang komponen itu namum hanya sebatas hal hal yang mempengaruhi ac tidak dingin atau kurang dingin.

ac tidak dinginYang pertama (1) adalah Kompressor, kompressor dalam sistem pendingin ac diibaratkan jantung, karena tanpa ada kompressor maka tidak ada yang bisa mengalirkan gas refrigeran keseluruh pipa pada sistem pendingin AC. Yang kedua (2) adalah Kondensor, kondensor merupakan komponen kedua setelah kompressor. Fungsi kondensor pada ac sebagai pembuang panas berlebihan pada refrigeran akibat dorongan kompressor, pembuangan panas tersebut dibantu oleh kipas pada kondensor. Yang ketiga (3) adalah katup ekspansi/pipa kapiler, komponen ini berfungsi untuk menurunkan tekanan gas refrigeran sehingga tekanan akan turun setelah melalui Komponen ini. Namun jarang sekali dipakai jenis katup ekspansi yang paling sering di gunakan adalah pipa kapiler karena sifatnya yang stabil.

Dan yang keempat (4) adalah Evaporator, secara umum fungsi evaporator adalah untuk menyerap suhu udara pada ruangan agar temperaturnya menjadi dingin. Proses pendinginan yang terjadi pada evaporator terlebih dahulu melewati fase penguapan refrigran, fase penguapan ini jelas memerlukan energi panas pada proses kondensasi. Setelah refrigeran tadi berada pada pipa eveporator maka pipa eveporator tersebut pun menyerap energi panas yang terdapat pada gas refrigeran dan dibantu oleh udara yang ada disekitar pipa tersebut lama kelamaan pipa eveporator pun akan ikut dingin. Dengan dinginnya pipa eveporator inilah yang dimanfaatkan sebagai media pendingin ruangan yang disalurkan oleh blower pada evaporator tersebut

Setelah kita mengenal komponen diatas baru kita masuk pada pokok pembahasan tentang hal yang mempengaruhi ac tidak dingin. waktu pemakaian ac sangat berpengaruh terhadap kinerja ac tersebut contoh yang paling tampak adalah masalah kebersihan ac. Ini adalah yang paling utama untuk diperhatikan. Komponen komponen tersebut antara lain kondensor atau umumnya disebut sebagai Outdoor dan eveporator atau umumnya disebut sebagai Indoor. Outdoor dan indoor merupakan komponen AC yang berhubungan langsung dengan udara, sehingga jika udara yang mengandung debu menempel pada sirip sirip indoor dan outdoor sehingga udara akan terhalang dengan demikian akan membuat proses pendinginan pada evaporator dan kondensor tidak berjalan normal. Terlabih lagi jika yang kotor itu pada bagian pipa kondensor yang mengakibatkan panas berlebih sehingga mempengaruhi kerja kompressor yang berakibat fatal terhadap motor kompressor, kapasitor, thermostats atau yang lainnya sehingga ac tidak dingin.

Selanjutnya yang mempengaruhi ac tidak dingin adalah kurangya persediaan gas refrigeran bisa saja diakibatkan adanya kebocoran pada pemipaan ac. Maupun penyusutan yang terjadi dari penguapan oleh usia pakai yang sekian lama sehingga refrigeran berkurang. Demikian pembahawan kali ini tentang hal hal yang mempengaruhi ac tidak dingin, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *